Saat Menyambut Tahun Baru

Seperti biasa, kulangkahkan kaki menuju tempat di mana aku “bersemayam” di malam terakhir pergantian tahun Masehi.  Diawali dengan niat agar bisa meraih cinta & ridho Allah dengan instropeksi diri secara khusyuk, menekuri hari-hari selama 1 tahun kemarin untuk diperbaiki jika masih ada yang salah, ditingkatkan jika masih ada yang kurang, & ditinggalkan jika ada yang jelas salah! Dilengkapi dengan memperoleh ilmu dari beberapa nara sumber yang memang diamanahi sebagai “guru spirituil”  kemudian  menghadap Sang Pencipta di 1/3 malam. Subhanallah,  damai sekali rasanya….

Sepanjang perjalanan dari tempatku di Bekasi sampai ke tempat tujuan, aku melihat banyak panggung di depan beberapa gedung di Jl. Sudirman & Jl. Thamrin. Lebih dari 10 panggung yang jika aku tidak lupa, semuanya bertuliskan “Panggung Festival” atau “Jakarta Baru Menyambut Tahun Baru”  Wah, pasti meriah ya… (sayang, saking terpananya aku lupa mengabadikan panggung-panggung itu ke dalam kamera).  Seingatku, tahun-tahun sebelumnya tidak ada panggung di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin. Mungkin kar’na sekarang orang-orang semakin kreatif  & lebih semangat menyambut tahun baru kar’na pengaruh dari gubernur yang baru. Yah, tak dapat diungkiri bahwa pasangan Jokowi-Ahok banyak membawa angin segar bagi suasana Jakarta yang “panas”   Banyak kebijakan mereka yang patut diacungi jempol & didukung oleh masyarakat Jakarta.

Setelah shalat Maghrib, aku mulai mendengar suara-suara yang memang biasa ada menyambut pergantian tahun. Terompet dibunyikan meskipun hujan rintik-rintik di daerah aku berada yang tidak jauh dari Monas. Rupanya hujan tidak menghalangi semangat mereka untuk menghiasi ibukota dengan rutinitas menyambut tahun baru, terlebih sekarang ditambah banyaknya panggung yang akan menyajikan berbagai atraksi hiburan. Pukul 23.00 aku tidur & terbangun 2 jam kemudian. Tanpa sengaja, aku melihat keadaan di luar, ternyata beberapa kendaraan & orang-orang lewat, tentunya mau  pulang! Masih hujan rintik-rintik… masih terlihat adanya kembang api, masih terdengar adanya terompet…Jkt Dini Hari Awal Thn 2013

Lama kelamaan menjelang 1/3 malam, suara-suara di luar tidak ada lagi tapi berganti dengan hening sehingga membuatku nyaman & tenang saat menegadahkan tangan kepadaNya. Alhamdulillah… Khusyuk, demi terciptanya komunikasi terbaik antara aku sebagai hamba dengan Sang Pencipta. Selesai shalat subuh,   masih ada lagi kajian ilmu yang bisa membuatku lebih mengenal kebesaranNya. Sampai akhirnya acara selesai & aku pun pulang.

Keluar dari tempat persemayaman, sengaja aku berjalan kaki & duduk agak lama di depan sebuah gedung. Aku melihat kondisi jalan ibukota yang lengang. Cuma ada beberapa orang yang konsisten berolah raga pagi & cuma ada beberapa kendaraan bermotor yang melintas. Panggung sudah banyak yang menghilang kecuali 1, di depan Gedung BNI, itu pun aku yakin akan dibereskan tidak lama lagi. Subhanallah... beginilah kehidupan ibukota dalam menyambut tahun baru.  Bagaimana pun, hak satiap orang untuk berkespresi dalam mengisi hari-harinya.Photo0048Photo0049

Photo00501 hal yang aku yakini, aku & semua orang memiliki harapan sama, semoga tahun 2013 akan lebih baik daripada tahun 2012, aamiin…      SELAMAT DATANG 2013….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s