Haruskah Heboh Menyambut Tahun Baru?

Heboh menyambut pergantian tahun adalah hal yang lumrah di jaman sekarang. Bahkan Gubernur DKI mengeluarkan peraturan “Car Free Day” di jalan-jalan protokol di malam pergantian tahun. Bukan tanpa alasan peraturan tersebut dibuat, karena sudah terjadi tiap tahun adanya gerakan massa mengitari jalan-jalan di ibukota, terutama di jalan-jalan protokol yang akhirnya berkumpul bersama di Monas.

Terompet ditiup, kembang api dinyalakan, mungkin pula disertai iringan musik… intinya, bersenang-senang dengan menikmati kebersamaan di malam yang cuma ada setahun sekali.  Terus terang, saya pribadi  tidak tau apa yang sebetulnya terjadi di Monas  atau di tempat- tempat hiburan lain saat pukul 24.00 tiba karena saya lebih senang menikmati malam pergantian tahun di suatu tempat yang kebetulan tidak jauh dari Monas untuk “introspeksi diri” atas semua kejadian selama satu tahun ke belakang.

Sah-sah saja… hak tiap orang untuk mengekspresikan kesenangannya dalam menyambut sesuatu yang diharapkan tentunya akan membawa kebahagiaan. Bahkan beberapa orang yang memiliki kantong tebal, memilih hotel ternama untuk menghabiskan malam pergantian tahun. Wow’ pasti itu bisa jutaan rupiah ya??

Saya biasanya baru keluar ke jalan setelah berdiam di suatu tempat untuk menuju pulang ke rumah dan melihat kondisi jalan di pagi hari di awal tahun yang baru. Banyak sampah di mana-mana. Bis kota maupun kendaraan pribadi cuma satu dua yang melintas. Beberapa orang ada yang konsisten untuk berolah raga pagi. Yang jelas, suasana jalan ibukota lenggang.  Berbeda tentunya dengan suasana yang terjadi di waktu malamnya. Hemm…

Terkadang saya berfikir, apa yang ada dalam pikiran tiap-tiap orang yang telah melewatkan malam pergantian tahun dengan pesta dan melakukan kehebohan, kemudian tidur sampai siang dan bangun tanpa melakukan sesuatu yang berarti? Apa itu sebagai tanda bahwa yang bersangkutan betul-betul menikmati keindahan malam sampai merasa tidak perlu bangun pagi untuk bersyukur dan melakukan sesuatu yang lebih baik daripada sebelumnya? Apa heboh menyambut pergantian tahun bisa menjamin kesuksesan dan kebahagiaan di hari-hari yang akan datang?

Tapi yaa… sekali lagi, itu hak tiap orang… saya cuma bicara ini pada diri sendiri… Semoga saja tahun 2013 adalah tahun yang bisa membuat saya menjadi manusia yang lebih baik dan manfaat bagi orang banyak, serta terwujudnya semua harapan dan doa, aamiin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s