Gedung Sekolah Yang Direnovasi

       Membaca berita bahwa siswa-siswa dari sebuah sekolah di daerah Mandar Sulawesi Barat, tepatnya SD 061 Maccera Polewali, sejak bulan Oktober 2012 terpaksa belajar di kolong rumah-rumah. Mengingat jumlah siswa yang mencapai ratusan, maka mereka terpaksa belajar secara terpisah di empat lokasi rumah yang berbeda. Jarak rumah satu dengan rumah yang lain bisa mencapai 1 km, sehingga hal itu membuat pembelajaran tidak efektif. Konsentrasi siswa dan guru terganggu selain oleh lalu lalang penduduk di sekitar rumah, juga para guru yang sulit berkoordinasi. Ada pun alasan para siswa dan guru harus belajar di kolong rumah karena gedung sekolah tersebut sedang direnovasi. Entah kapan renovasi tersebut selesai….
sekolah rusakMenyedihkan sekali kondisi pendidikan di daerah pelosok, sangat jauh berbeda dengan kondisi pendidikan di kota-kota besar. Terlebih jika sekolah milik yayasan besar yang memiliki fasilitas lengkap dan bangunan gedung sekolah yang baik.
Para wakil rakyat yang duduk di DPR/DPRD, yang memiliki predikat “anggota dewan terhormat” yang sering menikmati kemewahan dan fasilitas negara, apakah mengetahui hal ini? Jika ya, apakah terketuk hatinya untuk melakukan sesuatu demi membantu keberlangsungan pendidikan di daerah pelosok? Bukankah mereka yang tinggal di pelosok adalah bagian dari warga negara yang wajib dipedulikan hak-haknya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s