Semangat Belajar Anak Daerah

   Sebuah berita yang aku baca di internet, sangat menyentuh perasaanku sebagai seorang guru di kota yang dekat dengan metropolitan.  Melalui Detik.com beberapa hari lalu diberitakan bahwa siswa-siswi  di pedalaman Dusun Lembang,  Polewali Mandar, Sulawesi Barat yang harus berjalan kaki selama sekitar 1 jam sampai ke jalan yang dapat diakses angkutan umum demi mencapai tujuannya ke sekolah. Para anak tingkat sekolah dasar ini berjuang keras agar bisa mendapat pendidikan yang layak.bersekolah

   Semangat belajar anak di daerah pedalaman yang tinggi patut diapresiasi dan ditindaklanjuti. Bayangkan… tubuh-tubuh kecil itu harus menempuh jalan sejauh beberapa km setiap hari karena tidak ada akses angkutan umum ke daerahnya. Melewati jalan yang masih berupa tanah, bahkan juga harus melewati hutan, berangkat setelah shalat subuh karena mengejar waktu agar  tidak terlambat sampai di sekolahnya. Jika hujan,mereka tidak bisa sekolah karena jalanan tidak bisa dilalui dan itu artinya mereka tidak bisa bersekolah. Bandingkan dengan anak-anak di kota besar yang terbiasa berangkat sekolah dengan fasilitas nyaman, namun setelah sampai di sekolah tidak mau belajar, cuma sekedar bertemu teman dan tidak mau mengoptimalkan kemampuan diri.

     Dalam UUD’45 pasal 31 dijelaskan bahwa pendidikan adalah hak bagi setiap warga di negri ini. Jadi, kewajiban pemerintah untuk membuat tiap anak bisa bersekolah dan berilmu. Pemerintah seyogyanya tidak duduk diam, tidak peduli dengan kondisi tersebut.  Bukankah bangsa ini memerlukan banyak anak negri  yang cerdas dan memiliki semangat untuk mengisi pembangunan?  Bukankah harga diri bangsa akan meningkat jika pendidikan di negri ini berjalan baik dan menghasilkan generas penerus bangsa yang berkualitas? Dan kualitas manusia diukur antara lain mental kuat pantang menyerah, semangat mencari ilmu, berani dan cerdas menghadapi tantangan jaman.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s