Seminar Melek IT

learning internet1

       Sabtu, 24 Nopember 2012 … mencoba melawan rasa malas keluar dari pembaringan dengan mengingat bahwa hari ini aku akan pergi mengunjungi seminar. Sebuah seminar yang berdasarkan dari info yang kudengar, tentang pengaruh IT untuk pembelajaran di kelas.  Seperti apakah itu?

     Berdasarkan rasa penasaran, aku pergi ke gedung Depdikbud. Sendiri karena teman-temanku pergi ke sekolah untuk mengikuti program rutin dari yayasan. Aku memilih untuk ijin dan ikut seminar saja. Berangkat dari rumah pukul 07.30 dan sampai di tujuan pukul 08.15. Lumayan lama kar’na memang lumayan jauh dari tempatku.

     Topik seminar tentang “Building Solutions in ICT for Education” disponsori oleh Edmodo dan SEAMOLEC.  Sayangnya… pelajaran yang dikaitkan adalah Matematika dan IPA, padahal aku ingin sekali ada Bahasa Inggris. Juga diutamakan pada guru-guru minimal unit SMP karena mulai tahun ajaran depan, mereka wajib menggunakan IT dalam pengajaran, terutama lagi guru-guru di Jakarta.

      Memang menjemukan jika mengajar selalu dengan pola lama, guru harus berceramah terus  depan kelas atau cuma menggunakan media seadanya tanpa sentuhan IT. Di lain pihak, banyak siswa sekarang yang tidak bisa lepas dari internet. Contoh paling sederhana, facebook atau twitter setiap hari dari handphone.  The worst, pelajaran Matematika sering diajar oleh guru yang kaku ( killer teacher ) sehingga membuat siswa malas atau sulit meraih nilai optimal.

       Meskipun demikian, aku sebagai guru bahasa dan ilmu sosial tetap punya mimpi bisa mengajar dalam kelas dengan mengggunakan IT yang berhubungan dengan topik pelajaran-pelajaranku. Bagaimana caranya dan pada siapa aku bisa belajar IT secara total? Semoga akan ada jawaban dan pertolongan dariNya agar aku bisa mewujudkan mimpiku…

Tinggalkan Balasan

