Di Hari Guru Nasional

Hari Minggu,  25 Nopember 2012 aku melangkahkan kakiku lagi menuju suatu tempat untuk menimba ilmu. Kali ini aku pergi ke UNJ di Rawamangun untuk ikut Pelatihan Menulis Guru yang diadakan oleh IGI dan Guraru, yang diprakasai oleh seorang guru bernama Wijaya Kusumah atau yang lebih dikenal dengan Om Jay.

Aku yang awalnya berencana akan berangkat bersama teman-teman, berubah pikiran setelah tahu mereka akan berangkat agak siang. Aku ingin datang pagi karena aku tidak mau ketinggalan acara. Aku pun tidak mau duduk di belakang. Memakai bis jurusan Senen, turun sebelum bis belok ke arah Jatinegara, lalu aku melanjutkan perjalanan dengan ojek karena lama menunggu bis berikutnya, sedangkan aku berburu waktu.

      Sampai di UNJ, aku baru sadar bahwa aku belum tahu di gedung mana diadakan acara itu. Aku bertanya pada satpam, mereka tidak tahu. Seorang ibu menunjuk ke arah gedung yang bercat merah karena beliau sempat melihat spanduk tentang Peluncuran Buku.  Aku yang belum tahu bahwa acara Pelatihan Menulis Guru sekaligus berbarengan dengan Peluncuran Buku, tidak langsung menuruti petunjuk ibu itu. Akhirnya aku nekad sms Om Jay untuk minta kejelasan. Alhamdulillah, langsung dijawab.

      Sampai di tempat, acara baru saja akan dimulai. Ups, it’s about time! Bertemu dengan Bu Nunung di bagian penerima tamu, lalu Bu Kesih di dalam ruangan sehingga aku bisa langsung dapat tempat duduk di sebelahnya di bagian depan.

       Acara seperti biasa diawali oleh sambutan, selain oleh Om Jay, juga oleh wakil dari IGI pusat. Sebelum semua nara sumber tampil, semua yang hadir diingatkan bahwa hari itu, bertepatan dengan hari Guru Nasional. Subhanallah… Tepat di hari penting bagi seorang guru, aku sebagai guru dituntun Allah untuk melakukan sesuatu yang positif dan sangat berarti yakni menuntut ilmu.

        Seorang yang bernama Agus Sampurno berbicara tentang “Motivasi Menulis di Blog”  Sebagai seorang guru muda yang bekerja di sebuah sekolah internasional, tentunya banyak sekali ilmu dan kesempatan untuk berkembang yang diperolehnya di sana.

        Setelah itu, dilanjutkan oleh seorang guru yang sekarang menjabat sebagai Kepsek Labschool Kebayoran (tempat anak-anak Teh Ike sekolah) bernama Ukim Komarudin. Gayanya yang humoris, betul-betul bisa menyegarkan suasana.  Ada ucapannya yang sangat mengena buatku  “Siapa yang ingin mengetahui dunia perbanyaklah membaca, siapa yang ingin dunia mengetahuinya, perbanyalah menulis

       Istirahat sekitar satu jam, lalu dilanjutkan dengan Bapak Gatot dari Edmodo, yang kulihat juga mengisi acara di Seminar IT kemarin. Materi yang disampaikan tentu tidak jauh dari kecanggihan IT yang bisa dimanfaatkan dalam proses belajar di kelas. Tidak lama, dilanjutkan oleh seorang yang pernah aku lihat bersama Om Jay di almus saat upgrading, Dedi Dwitagama. Seorang trainer yang berpenampilan energic dan casual, sangat inspiratif dan banyak memberi masukan demi kesuksesan. Intinya sukses kita pastilah harus diawali dengan mimpi besar, mencoba kreatif, berusaha untuk berprestasi sehingga suatu hari akan ada orang lain yang akan membuat kita “diperjalankan”

        Sebagai penutup, Om Jay memberi kesempatan buat semua peserta untuk menulis dalam kertas folio bergaris. Om Jay juga menawarkan untuk ikut “Teacher Writing Camp” pada tanggal 8-9 Desember nanti. Subhanallah… “kesempatan emas” yang aku yakin akan ada manfaat besar buat masa depanku. Tidak masalah aku harus bayar 250 ribu, Insya Allah akan “terganti”  Sempat bingung untuk memutuskan, tapi akhirnya “lahaula” aku pilih tawaran Om Jay. Silaturahmi dengan saudara, Insya Allah akan kutebus saat aku liburan. Semoga Allah meridhoi keputusanku ini….

One comment on “Di Hari Guru Nasional

  1. Dedi Dwitagama mengatakan:

    Reblogged this on and commented:
    jadi ingat lagi saat hari itu; pagi bersepeda hingga kota tua trus diskusi di Wisma UNJ yang rame lalulintas dialognya, menyenangkan sekali, tk

Tinggalkan Balasan

