Internet, Siapa Takut?

learning internet2

computer-cat “Guru masa depan harus bisa memanfaatkan ET” Sepanjang yang saya ketahui, ET adalah kepanjangan dari Education Technology.Pemerintah membuat wacana bahwa semua guru di negri ini diharapkan bisa memanfaatkan teknologi (internet)  dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, khususnya para guru mulai dari tingkat SMP di Jakarta. Mengapa guru wajib menggunakan internet dalam kegiatan belajar mengajar?

        Sepanjang yang saya ketahui, banyak guru jaman sekarang yang memiliki facebook. Facebook adalah bagian dari internet. Jadi, guru sebetulnya tidak “rabun membaca” internet, juga tidak “lumpuh menulis” karena saat ia membuat status dalam facebook, otomatis is harus menulis. Sayang, keinginan untuk bersentuhan lebih jauh dengan internet agar dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran atau meningkatkan kualitas diri dengan menulis, tidak ada. Sebagian guru merasa “melek internet” cuma pantas bagi mereka yang masih menjadi guru muda atau mereka yang baru menjadi guru. Menurut saya pribadi, terdapat beberapa alasan guru wajib menggunakan internet dalam kegiatan belajar mengajar, setidaknya ada tiga (3) hal yakni:

* Pertama, jaman globalisasi yang membuat “dunia menjadi satu” melalui arus informasi dan teknologi. Hasil dari kecanggihan teknologi yang bisa dinikmati, diantaranya internet. Saat pembelajaran, seorang guru yang mampu menggunakan internet akan lebih mudah untuk menggali materi yang belum ditemui dalam buku-buku yang selama ini menjadi pegangannya di kelas karena mengingat dahsyatnya kecepatan perubahan suatu informasi. Misalkan, buku Ilmu Pengetahuan Alam yang menuliskan tentang proses fotosintesis suatu tanaman. Jika belajar hanya bersumber pada ceramah guru dan buku panduan sekolah, tidak bisa disalahkan jika siswa tidak optimal mengetahui proses fotosintesis secara detail dan jelas. Beda halnya jika siswa disuguhi tontonan melalui ICT,  sementara guru berperan sebagai “moderator”

* Kedua, membuat proses belajar mengajar tidak jenuh karena adanya kreatifitas guru untuk membuat variasi pembelajaran. Kita tidak bisa memungkiri bahwa kejenuhan siswa saat belajar pastilah ada, terutama jika siswa tersebut aktif bersentuhan dengan internet dalam kehidupan sehari-hari di rumahnya. Ditambah lagi,  guru “kekurangan media” sebagai pendukung belajarnya dalam kelas. Mungkin bagi sebagian siswa hal itu tidak masalah, namun bagi sebagian yang lain terutama siswa yang aktif atau suka ngobrol, penggunaan ICT adalah salah satu solusi untuk membuat mereka tertarik untuk menyimak dan kelas menjadi kondusif. Di sisi lain, sebagai guru yang suka dan mau menggunakan ICT dalam pembelajaran, dapat terbantu dalam penyampaian materi sampai  pembuatan evaluasi siswa maupun pengkondisian kelas.

*  Ketiga, guru yang bersentuhan dengan internet berarti membuktikan bahwa dirinya adalah pribadi yang terbuka, selalu mau belajar dan terus belajar, berkeinginan untuk maju karena harus beradaptasi dengan jaman, dan terutama lagi, membuktikan bahwa guru bisa “menaklukan” teknologi, bukan sebaliknya. Tentunya seorang guru akan beda dengan mereka yang bukan guru dalam mengimplementasikan pengetahuan dan informasi yang didapat dari internet karena berkaitan erat dengan siswa sebagai amanahnya. Menulis adalah salah satu dari hal terbaik yang dapat dilakukan oleh seorang guru dalam mengimplementasikan ilmu dan pengetahuannya kepada para siswa maupun masyarakat.

        Jadi, kesimpulan saya bahwa seorang guru wajib menggunakan internet dalam pembelajarankarena dilandasi oleh perubahan jaman yang membuat cepatnya perubahan maupun pertambahan arus informasi dan canggihnya teknologi, mencegah kejenuhan siswa sekaligus memacu kreatifitas guru dalam membuat variasi pembelajaran, serta aktualisasi diri sebagai guru yang selalu mau belajar dan bisa bermain dengan teknologi. Harapan saya, guru Indonesia bisa menjadi guru yang cerdas dan pantas menjadi panutan, serta menghasilkan banyak siswa-siswa berprestasi hingga terangkatnya harga diri bangsa kita di mata internasional, amiin….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s