Rumah Perubahan

       Masih  teringat  olehku  salah  seorang  sahabatku   tiba-tiba  sms  dan  mengajaku pergi ke suatu tempat di daerah Pondok Rangoon, Jakarta Timur di hari Sabtu di penghujung bulan Februari 2011.

       “Katanya pengen ikut seminar atau pelatihan gratis? Aku ada info nih, Pelatihan Menulis. Yang ngada’in Pak Rhenald Kasali loh,” kata Nining, sahabatku. Pelatihan menulis? Rhenald Kasali? Gratis? Duh, mimpi apa ya, aku ? Maka tanpa lama berfikir, kujawab, “Oke!”

      Berangkat pagi bukan masalah. Alamat tepatnya di mana pun, aku belum tahu karena aku belum pernah ke daerah itu. Namun semangat dan tekad bulat untuk bisa ikut sebuah pelatihan tanpa bayar yang diprakasai oleh seorang tokoh besar, dosen, analisis ekonomi, dan seorang penulis yang beberapa bukunya sangat diminati, Bapak Rhenald Kasali. Subhanallah…

        Memakan waktu sekitar satu setengah jam dari Tambun Bekasi, tempatku tinggal, sampai ke daerah yang dituju yaitu Pondok Rangoon. Cukup jauh memang, terlebih aku dan sahabatku tidak menggunakan fasilitas tol karena kami memakai motor. Letaknya di pinggir Jakarta, bukan terletak di tengah-tengah gedung-gedung megah daerah Thamrin maupun Sudirman, namun di tengah-tengah pemukiman penduduk.

        Saat memasuki pintu gerbang, tidak terlihat bangunan yang luas, namun bangunannya sangat asri sehingga membuatku langsung jatuh hati dan nyaman. Kami disambut oleh dua orang penerima tamu. Saat dipersilakan masuk, barulah terlihat jelas ruangannya. Sebuah ruangan yang luas didominasi oleh ornament kayu, mulai dari lantai hingga langit-langit, dikelilingi oleh pepohonan dan tedengar suara gemericik air dari kolam ikan yang berada di belakang ruang utama hingga ke beberapa saung.  Ada juga sebuah mushalla di tengah-tengah kolam tersebut.  Udara sejuk karena banyaknya pepohonan di sekitar bangunan. Hemm… betul-betul menyenangkan berada di tempat itu.

        Dalam ruangan terdapat AC, namun karena angin sudah cukup banyak dari luar, AC pun tidak perlu dinyalakan. Dalam toilet, terdapat kloset duduk dan terjaga sekali kebersihannya. Sayangnya jumlah toilet kurang banyak, tidak sebanding dengan jumlah peserta pelatihan.

        Acara pelatihan dibuka oleh Pak Rhenald Kasali sendiri. Selain memperkenalkan diri dan menceritakan singkat riwayat hidupnya,  beliau memotivasi kami agar bisa menjadi penulis. “Bangsa yang cerdas adalah bangsa yang suka membaca dan bacaan memerlukan penulis. Guru adalah orang yang tepat untuk bisa membuat tulisan yang baik”  Menurut beliau, bangsa Indonesia terutama generasi muda masih kurang apresiasinya terhadap membaca. Mereka lebih suka menonton acara di televisi yang lebih banyak unsur hiburan ketimbang edukasi. Anak-anak lebih memilih jalan-jalan ke mall atau bermain play station dalam mengisi waktu luang. Membuka internet lebih suka membaca bacaan atau melihat sesuatu yang kurang bahkan tidak manfaat. Cukup menyedihkan memang…

       Pak Rhenald Kasali sengaja mengadakan pelatihan gratis khusus bagi guru sebagai bentuk apresiasi beliau terhadap sosok guru. Beliau ingin membuat guru-guru di Indonesia lebih memanfaatkan potensi diri agar bisa melahirkan anak-anak bangsa yang lebih cerdas dengan membaca tulisan kami. Subhanallah

         Rumah Perubahan didirikan dengan tujuan sebagai tempat yang bisa melahirkan manusia-manusia yang mampu memberikan karya terbaiknya kepada alam dan bangsa. Pelatihan yang diadakan bukan hanya menulis, namun beberapa kali juga diadakan pelatihan lain yang bertujuan untuk membangun sumber daya manusia yang cerdas, produktif, dan mandiri.

         Menurut sejarahnya, Rumah Perubahan dibangun di lokasi yang dulunya adalah tempat pembuangan sampah. Berkat tangan dingin dan kejeniusan Pak Rhenald Kasali maka lokasi pembuangan sampah yang berada di tengah-tengah pemukiman penduduk tersebut menjadi sebuah bangunan yang indah dan manfaat. Para tetangga di sekitar Rumah Perubahan dimanfaatkan baik oleh Pak Rhenald Kasali sehingga kehidupan mereka pun menjadi lebih baik. Betul-betul hebat sosok seperti beliau…  seorang guru yang pantas diteladani bagiku khususnya.

         Rumah Perubahan bagiku adalah sebuah rumah yang mampu membuat siapa pun yang masuk ke dalamnya laksana sebuah kepompong yang siap berubah menjadi seekor kupu-kupu yang cantik. Ilmu yang kudapat dari beberapa nara sumber yang mengajar kami selama pelaihan berlangsung, akan aku amalkan dengan baik sebagai bentuk ibadah dan tanggung jawabku sebagai manusia yang telah dikaruniai akal pikiran dan kesempatan berilmu.

       Maha Suci Allah yang telah menggerakan hati seorang Rhenald Kasali untuk mau mengadakan acara pelatihan tanpa biaya bagi para guru, membuatku bisa berada dalam Rumah Perubahan, dan memberiku kesempatan menimba ilmu yang manfaat. Puji syukur hanya padaMu, Ya Allah, yang  telah mengatur semua ini dengan sempurna. Masa depanku tentunya hanya Allah yang tahu namun aku wajib berikhtiar keras untuk mewujudkan cita-cita menjadi seorang penulis yang baik, Insya Allah…

        Terima kasih banyak, Pak Rhenald Kasali…Semoga keselamatan dan keberkahan senatiasa menyertai bapak dan keluarga, aamiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s