Hakekat Doa

Dalam salah satu ayat Al Qur’an  disebutkan  bahwa  “Mintalah pertolongan Allah dengan sabar  & shalat”. Mengapa sabar yang lebih didahulukan daripada shalat?

Sabar lebih dulu dituliskan dalam ayat karena sabar memiliki arti keteguhan hati yang dimensinya terhadap hukum Allah, termasuk kesiapan mental jika doa kita dikabulkan Allah. Misalkan, saat kita diberi nikmat, mampukah kita menjaga hati kita tidak lalai  & tidak sombong?  Sedangkan diberi kenikmatan adalah bagian dari ujian Allah pada manusia. Sebagai manusia, kita wajib mengutamakan kewajiban kita terhadap Allah daripada meminta hak kita dari Allah.

Sabar juga berarti tidak putus asa saat kita diberi kesulitan dalam hidup, harus tetap berdoa dengan tawadhu & rasa takut padaNya. Jangan sampai memposisikan Allah sebagai “pembantu” jika berkaitan dengan duniawi.

Meyakini bahwa Allah selalu memberikan yang terbaik pada kita, meskipun terkadang tidak sejalan dengan keinginan kita.  Allah  juga  akan  memberikan  jalan kemudahan  bagi orang yang  membenarkan kebajikan, rajin memberi (bersedekah), & memelihara diri dari maksiat, hal mana semua itu sebagai wujud ketaqwaan kita kepada Sang Pencipta & Pemilik alam semesta ini beserta isinya.

Semoga Allah menuntun kita agar senantiasa menjadi hambaNya yang bertaqwa, mampu mentaati semua perintahNya & menjauhi semua laranganNya, aamiin….

One comment on “Hakekat Doa

  1. Kiki J Basuki mengatakan:

    sabar juga merupakan salah satu refleksi dari rasa syukur…… kalo kita bersyukur..niscaya akna bertambah nikmat yg akan kita terima….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s